Puskesmas Bika Laksanakan Vaksin Tahap 1 Untuk Lintas Sektor

  • August 30, 2020

Jahe sudah terkenal sebagai salah satu bahan baku obat tradisional di Indonesia. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 187 Tahun 2017 tentang Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia menyebutkan bahwa jahe adalah tumbuhan obat yang paling banyak digunakan dengan persentase tertinggi sebesar 50,36%. Antibodi C, bentuk ujungnya kotak, menyesuaikan bentuk protein permukaan antigen C yang kotak. Antibodi B, bentuk ujungnya segitiga, menyesuaikan bentuk protein permukaan virus B yang segitiga. Antibodi A, bentuk ujung bulat, menyesuaikan bentuk protein permukaan bakteri A yang bulat. Secara sederhana, kastil memiliki three lapis pertahanan untuk melindungi dirinya dari musuh.

Namun, kelemahan vaksin dengan metode ini adalah tidak bisa diberikan pada orang-orang yang memiliki sistem imun yang lemah, seperti penderita AIDS atau kanker. Vaksin Covid-19 sendiri merupakan vaksin yang diberikan melalui jalur suntikan ke dalam massa otot lengan atas untuk menstimulasi sistem imun atau kekebalan tubuh terhadap virus tersebut. Demi menurunkan risiko terpapar virus mematikan ini, tentunya langkah pemerintah menggelar vaksinasi free of charge bagi masyarakat usia 18 tahun bisa menjadi kesempatan baik bagi kita untuk meningkatkan herd immunity. Pandemi Covid-19 sudah berlangsung lebih kurang selama 10 bulan pada tahun 2020. Berbagai upaya dilakukan untuk menekan potensi penularan virus corona, mulai dari memakai masker, menjaga jarak, hingga program vaksinasi.

Penelitian ilmiah menyarankan, dengan menjaga otot kita tetap bergerak secara rutin seperti berlari, jogging atau jalan-jalan di taman minimal 3 kali seminggu selama setidaknya 20 menit, dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang berfungsi dengan baik sangat penting dalam memerangi COVID-19. Dalam rangka mempertahankan diri dari virus, tubuh seharusnya membutuhkan vitamin dan nutrisi lain yang cukup.

Tak sedikit orang tua merasa bimbang perlukah memberikan suplemen untuk anak demi pemenuhan nutrisi mereka. DPT kombinasi vaksin untuk tiga penyakit yaitu difteri yang membuat anak sulit bernafas, pertusis yang dikenal dengan batuk rejan, dan tetanus yang dapat menyebabkan kejang dan kekakuan otot. Vaksinasi untuk anak ini adalah vaksinasi terhadap penyakit yang mempunyai kemungkinan besar menimbulkan gejala berat ataupun gejala sisa yang dapat membuat anak menjadi cacat di kemudian hari, bahkan berisiko kematian. Belakangan ini, dikabarkan masyarakat Indonesia ramai memburu ramuan herbal (empon-empon) untuk mencegah terinfeksivirus Corona. Empon-empon adalah kumpulan jenis tumbuhan yang mengandung berbagai khasiat. Pada intinya, tidak ada pemerintah manapun yang mau mengorbankan warga negaranya.

Saat pencampuran, bisa terjadi kontaminasi bakteri, virus, atau kuman sehingga ada kemungkinan menimbulkan infeksi saat disuntikkan ke anak. Reaksinya bisa berupa kemerahan, nyeri, atau demam yang biasanya berakhir kurang dari beberapa hari. Jadi kalau sudah sekian lama tidak mengalami gejala infeksi setelah imunisasi, kemungkinan besar aman.

menurut para ahli, kalaupun kamu terkena Covid-19 setelah vaksinasi, vaksin akan mencegah tubuhmu dari infeksi dan gejala penyakit Covid-19 yang jauh lebih deadly, karena tubuhmu kini punya sistem pertahanan tubuh yang lebih kuat. Hasil penelitian juga menyatakan, minyak esensial dari cengkeh efektif membunuh bakteri e.coli yang dapat menyebabkan diare. Namun, konsumsi bunga cengkeh harus hati-hati karena memiliki efek samping antara lain reaksi alergi, iritasi pada kulit dan gusi, gangguan hati, dan penghambatan terhadap obat pengencer darah. Bawang putih atau allium sativum adalah bumbu dapur yang pasti ada di setiap rumah.

Vaksin yang baik untuk membantu imunitas tubuh kita

Mengonsumsi jahe merah mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan berbagai penyakit. Saat tubuh mengalami stres, semakin banyak hormon stres yang dikeluarkan sehingga antibodi dan sel darah putih yang dihasilkan semakin sedikit dan mengakibatkan tubuh lebih mudah terserang penyakit. Faktor-faktor tersebut semua bergabung sehingga menyebabkan sistem kekebalan tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan tubuh dari ancaman kesehatan. Tanpa Anda sadari, sebenarnya ada beberapa jenis vaksin – dengan satu tujuan, yaitu memandu sistem imun untuk melawan beberapa jenis virus atau bakteri serta penyakit yang disebabkannya.

Ya, seseorang yang pernah tertular COVID-19 tetap perlu mendapatkan vaksin untuk mendapatkan perlindungan maksimal. Penyitas COVID-19 bisa jadi memiliki kekebalan alamiah terhadap virus ini, akan tetapi belum diketahui seberapa lama kekebalan itu bertahan atau seefektif apa perlindungannya. “Ada banyak bukti bahwa mengonsumsi vitamin C untuk pilek dan flu bisa mengurangi risiko terjadinya komplikasi seperti pneumonia dan infeksi paru-paru,” kata pakar kesehatan Moyad. Saat memasuki tubuh kita, patogen atau penyakit baru membawa antigen baru. Tubuh kita perlu membuat antibodi spesifik untuk setiap antigen baru yang dapat menempel pada antigen dan mengalahkan patogennya. Kulit, mukosa, dan silia (rambut halus yang mengeluarkan partikel dari paru-paru) menjadi penghalang fisik untuk mencegah patogen memasuki tubuh.

Menumbuhkan virus memang tidak semudah menumbuhkan bakteri, yang akan segera berkembang dengan pemberian makanan yang tepat. Secara umum, seperti yang dijelaskan oleh Department of Health & Human Service, Amerika Serikat, ada tiga cara utama untuk membuat vaksin. Pertama, adalah menggunakan virus yang lemah seperti pada vaksin MMR dan cacar air . Ketiga adalah menggunakan salah satu bagian dari struktur virus seperti pada vaksin HPV dan herpes zoster . Selanjutnya, vaksin akan diajukan untuk persetujuan penggunaan dan peredaran. Regulator akan mengkaji kualitas, keamanan, dan efikasi vaksin setelah mempelajari data-data uji klinik.

Dalam kasus terburuk, kekurangan nutrisi dapat membuka pintu bagi virus karena ketidakmampuan tubuh mempertahankan diri. Bagi orang-orang yang termasuk dalam kelompok risiko, bahaya terkena penyakit yang lebih parah pun menjadi sangat tinggi. Silakan periksa informasi resmi secara berkala dari kementerian kesehatan untuk mendapatkan informasi terbaru di negara setempat. “Karena vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang sensitif terhadap stres, dan nutrisi pertama yang menyusut kadarnya pada peminum alkohol, perokok dan obesitas, maka ideal untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan,” ujarnya. Selain itu, tes kuantitatif antibodi juga berguna dalam menilai respons imun humoral seseorang yaitu antibodi terhadap COVID-19 baik pada penyintas COVID-19 maupun pada individu penerima vaksin.

Yoshiqon

E-mail : admin@wowction.com